…Apa yang menyebabkan darah manusia mengental?…

Sindrom darah kental adalah penyakit autoimun yang menyebabkan darah menjadi kental. Sindrom yang dapat terjadi pada semua golongan usia ini pertama kali ditemukenali oleh Hughes sehingga kelainan ini dinamakan sindrom Hughes (Hughes Syndrome) dan oleh karena pada penderita sindrom ini ditemukan antibodi antifosfolipid di dalam darahnya, kelainan ini juga disebut sebagai sindrom antifosfolipid (Antiphospholipid Syndrome/APS) Antibodi antifosfolipid merupakan salah satu faktor risiko trombosis dimana darah di dalam tubuh cenderung kental dan mudah membeku sehingga dapat menyebabkan sumbatan di dalam pembuluh darah nadi (arteri) maupun pembuluh darah balik (vena).

Keberadaan antibodi terhadap fosfolipid ini dapat diketahui melalui pemeriksaan antibodi dalam darah dengan mendeteksi adanya Antibody Anticardiolipin (ACA) dan Lupus Anticoagulan (LA). Adanya antibodi ini pada seseorang tidak serta merta atau tidak secara absolut menunjukkan bahwa akan terjadi pembekuan darah, namun kemungkinan terjadinya pembekuan darah akan lebih besar daripada orang lain. Banyak individu dengan antibodi ini tidak mengalami sumbatan pembuluh darah (trombosis), ada yang baru akan mengalami gejala akibat trombosis suatu saat kemudian, namun ada pula yang menunjukkan gejala sindrom darah kental ini di usia muda.

Seseorang harus memenuhi beberapa kriteria tertentu untuk didiagnosis menderita sindrom darah kental. Terdapat sejumlah penyebab kecenderungan terjadinya pembekuan darah selain sindrom ini. Perlu pula diketahui faktor lain yang dapat menimbulkan trombosis seperti merokok, imobilisasi (tirah baring lama akibat sakit, perjalanan panjang dengan kendaraan/pesawat lebih dari 6 jam, dan sebagainya), dehidrasi, obat kontrasepsi hormonal, dan penyakit autoimun lain. Selain itu, terdapat kecenderungan genetik atau keturunan dalam kasus darah kental.

Akibat darah kental, pasokan darah yang membawa oksigen, zat-zat nutrisi, dan lain-lain ke organ dan jaringan di dalam tubuh dapat berkurang bahkan terhenti sama sekali, -tergantung pada tingkat keparahan kelainan tersebut-, sehingga menimbulkan gangguan pada berbagai organ di dalam tubuh. Gejala pada otak berupa sakit kepala atau migren berulang, vertigo, kejang, daya ingat menurun, bahkan strok yang tidak lazim pada usia 40-an. Gejala pada mata dapat menyebabkan penglihatan kabur hingga buta mendadak.

Pada telinga dapat terjadi pendengaran berkurang bahkan tuli mendadak. Gejala pada jantung dapat berupa serangan jantung. Organ lain seperti ginjal, hati, paru-paru juga dapat mengalami trombosis, demikian pula pada kulit dan vena dalam di lengan atau kaki. Khusus pada perempuan, sindrom ini dapat menyebabkan kesuburan berkurang, keguguran berulang, janin tidak berkembang bahkan meninggal dalam kandungan, preeklamsia-eklamsia, dan trombosis vena kaki pada saat mulai menggunakan alat kontrasepsi hormonal (misalnya pil KB). Pada masa kehamilan darah secara alamiah menjadi sedikit lebih kental dibandingkan saat tidak hamil. Hal ini ditambah dengan adanya antibodi antifosfolipid akan menyebabkan darah sulit mencapai pembuluh-pembuluh darah kapiler yang kecil di ari-ari (plasenta), mengakibatkan aliran darah ke janin berkurang sehingga dapat terjadi keguguran dan kematian janin.

Sindrom darah kental dapat diobati. Obat-obatan yang lazim digunakan adalah Aspirin dosis rendah (75-100 mg/hari), Warfarin, dan Heparin (Unfractionated Heparin/UFH atau Low Molecular Weight Heparin/LMWH). Aspirin dosis rendah efektif untuk mengurangi kelengketan trombosis, sedangkan Warfarin dan Heparin bermanfaat untuk mengencerkan darah (antikoagulan). Warfarin berupa tablet yang diminum. Dosis Warfarin yang diberikan pada penderita ditentukan secara uji coba dengan titrasi sampai didapatkan dosis yang dapat membuat darah menjadi encer tetapi tidak menyebabkan komplikasi perdarahan.

Pengukuran yang digunakan adalah International Normalized Ratio/INR) yang membandingkan darah pasien dengan darah normal, semakin tinggi rasio, darah semakin kurang kental (semakin encer). Pengukuran INR tersebut dilakukan secara berkala dan dicatat dalam kartu catatan khusus mengenai dosis antikoagulan dan hasil INR. Umumnya diharapkan target INR antara 2-3. Heparin, baik UFH maupun LMWH, diberikan lewat suntikan/injeksi. LMWH dapat disuntikkan sendiri oleh penderitanya dengan mudah menggunakan jarum suntik kecil yang telah tersedia dalam paket obatnya.

Heparin digunakan pada tiga kondisi utama, yakni segera setelah terjadinya trombosis karena mula kerjanya cepat, menjelang operasi atau melahirkan karena kerja obat dapat dihentikan dan dimulai lebih cepat daripada Warfarin, dan digunakan bila diperlukan pada kehamilan karena Warfarin dapat berbahaya dan bersifat racun bagi perkembangan janin pada masa kehamilan tertentu. Bila kontrol dengan obat yang tepat tercapai, penderita sindrom darah kental dapat kembali hidup normal.

… Hati – hati KARPAL SINDROM …

KARPAL SINDROM ?? APA ITU ?

Nyeri dan kebas pergelangan tangan akibat pekerjaan ? hati-hati cts/Karpal !

dr. Ronald E. Pakasi

Nyeri pada pergelangan tangan, rasa lemah, kesemutan, panas, atau kebas pada jari-jari tangan merupakan gejala yang cukup sering dikeluhkan oleh mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan penggunaan tangan dalam waktu yang lama. Pekerjaan yang dimaksud antara lain : mengetik, menjahit, pemaketan barang, perakitan alat, dekorasi, dan lain-lain. Anda termasuk dalam salah seorang di antaranya ? Hati-hatilah terhadap kemungkinan terkena sindroma terowongan karpal, atau yang dalam nama aslinya disebut Carpal Tunnel Syndrome, dan kerap disingkat menjadi  CTS.
Sindroma terowongan karpal lebih sering terjadi pada wanita, dengan perbandingan 3 : 1, terhadap pria. Usia terjadinya penyakit ini terutama antara 30-60 tahun. Pertambahan usia dapat memperbesar risiko terjadinya sindroma terowongan karpal. Selain berhubungan dengan pekerjaan, kelainan ini dapat pula terjadi akibat berbagai kondisi medis, seperti rematik, hipotiroid, kehamilan, asam urat, diabetes, tumor, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan Sindroma Terowongan Karpal ?

Terowongan karpal merupakan suatu lorong atau terowongan yang terbentuk mulai dari ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan (tulang-tulang carpal)

Melalui terowongan karpal ini terdapat saraf yang bernama saraf medianus, yang mensarafi sistem perasa (sensorik) dan penggerak (motorik)) pada tangan dan jari-jari tangan. Saraf medianus juga mensarafi otot-otot pada pangkal ibu jari (otot-otot tenar).
Kelainan ini dapat terjadi akibat adanya proses peradangan pada jaringan-jaringan di sekitar saraf medianus (tendon dan tenosynovium) – dalam terowongan karpal. Peradangan tersebut mengakibatkan jaringan di sekitar saraf menjadi bengkak, sendi menjadi tebal, dan akhirnya menekan saraf medianus. Penekanan saraf medianus ini lebih lanjut akan menyebabkan kecepatan hantar (konduksi) dalam serabut sarafnya terhambat, sehingga timbullah berbagai gejala pada tangan dan pergelangan tangan.

Gejala-Gejala

Gejala-gejala yang klasik antara lain :

1. Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.
2. Kesemutan atau kebas pada pergelangan tangan dan pada jari-jari tangan, terutama: ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis.
3. Gejala lainnya rasa seperti panas atau nyeri, terutama pada malam hari, dan sering disertai kesemutan (nocturnal paresthesia).

Keluhan-keluhan ini kadang-kadang dapat dirasakan pada seluruh bagian tangan. Keluhan lain yang dapat terjadi antara lain : nyeri pada lengan bawah dan siku, serta kadang-kadang bahu, yang dipicu dan diperberat dengan aktivitas.
Berbagai Kondisi Medis Penyebab Sindroma Terowongan Karpal
Sindroma terowongan karpal dapat terjadi akibat adanya penyakit lain yang memicunya. Berbagai penyakit degeneratif dapat menyebabkan munculnya sindroma terowongan karpal sebagai salah satu bentuk komplikasi.
Kondisi-kondisi medis penyebab sindroma terowongan karpal di antaranya : diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik), perubahan hormonal khususnya pada wanita (kehamilan, menopause, penggunaan kontrasepsi oral), obesitas, hipotiroid, arthritis rheumatoid, lupus eritematosus sistemik, gout, cedera (dislokasi dan fraktur), keganasan (misalnya mieloma multipel, limfoma non-Hodgkin), dan faktor genetik (keturunan).

Hubungan dengan Pekerjaan

Berbagai pekerjaan yang banyak menggunakan tangan dalam jangka waktu lama, sering dihubungkan dengan terjadinya sindroma terowongan karpal. Pekerjaan yang dimaksud umumnya menggunakan kombinasi antara kekuatan dan pengulangan gerakan yang sama pada jari-jari dan tangan, selama periode waktu yang lama. Sindroma terowongan karpal dapat pula tercetus akibat paparan terhadap getaran/vibrasi (misalnya pekerjaan pengeboran), atau akibat kesalahan posisi tangan yang tidak ergonomis (misalnya pekerjaan dengan komputer), yang terjadi dalam jangka waktu lama.
Beberapa jenis pekerjaan yang dapat menjadi faktor risiko tercetusnya sindroma terowongan karpal antara lain : pengemasan bahan makanan, pengecoran atau pengeboran, penggergajian, perakitan mesin, pekerja pos, dokter gigi dan/atau teknisi gigi, pekerjaan dengan komputer, dekorator, produksi pakaian jadi, pekerjaan kayu (bertukang), dan lain-lain.
Kurangi beban Tangan
Bila memang keluhan terjadi pada Anda, dan berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, maka penanggulangan terpenting adalah mengurangi beban penggunaan tangan Anda. Istirahatkan tangan atau pergelangan tangan Anda, sekurang-kurangnya 2 minggu. Dengan demikian, proses peradangan akan mereda, dan mengurangi penekanan pada saraf medianus.
Bila memungkinkan, bahkan sangat dianjurkan untuk mengganti jenis pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan. Hal ini sangat penting, karena dengan meneruskan aktivitas, sindroma terowongan karpal akan menjadi semakin berat dan semakin sulit diobati. Lebih lanjut, bila suatu pekerjaan atau aktivitas telah diketahui dapat memicu penyakit ini, bukan mustahil sindroma terowongan karpal akan berulang kembali bila aktivitas/pekerjaan tersebut dilanjutkan.
Hidroterapi dan Splint
Anda dapat pula melakukan hidroterapi (terapi air) kontras di rumah. Pada beberapa studi, hidroterapi kontras telah dibuktikan cukup efisien dalam meningkatkan sirkulasi darah pada daerah yang sakit. Selain itu teknik ini cukup mudah. Caranya, rendamlah tangan Anda dalam air panas selama 3 menit, kemudian lanjutkan dengan merendam dalam air dingin selama 30 detik. Ulangi cara ini sebanyak 3 hingga 5 kali. Metode ini akan meningkatkan sirkulasi lokal, dan dengannya meningkatkan pasokan nutrisi serta oksigen, membuang berbagai sisa metabolisme, mengurangi konsentrasi zat-zat mediator inflamasi (peradangan), dan akhirnya meredakan nyeri.
Pergelangan tangan sebaiknya di-imobilisasi dengan menggunakan belat pergelangan tangan (wrist splints). Kegunaan belat pergelangan tangan adalah untuk mensupport dan membatasi gerakan pergelangan tangan. Penggunaan belat umumnya pada saat olahraga untuk mencegah cedera, namun pada sindroma terowongan karpal, belat pergelangan tangan sebaiknya digunakan sepanjang hari. Belat digunakan selama beberapa minggu atau bulan, bergantung kepada derajat beratnya masalah.
Obat, Makanan, dan Suplementasi
Sindroma terowongan karpal dapat ditanggulangi dengan obat-obatan. Penggunaan obat-obatan sebaiknya didiskusikan dulu dengan dokter. Beberapa jenis obat antara lain : golongan anti-inflamasi nonsteroid (aspirin, ibuprofen, naproxen); cyclooxygenase-2 inhibitors (COX-2 inhibitors : celecoxib, rofecoxib, dan meloxicam); dan kortikosteroid (injeksi atau oral, misal : metil-prednisolon, prednison).
Suplementasi vitamin B6 (piridoksin) dan B2 (riboflavin) diduga efektif dalam penanganan sindroma terowongan karpal. Dosis yang dianjurkan untuk vitamin B6 adalah 50-200 mg/hari, sedangkan vitamin B2 sebanyak 10 mg/hari.
Makanan yang dianjurkan sebaiknya sayur-sayuran hijau yang segar, biji-bijian atau kecambah, serta gandum. Anda dapat pula mengkonsumsi suplemen seperti St. John’s wort, willow bark, billberry, calendula, chamomile, celery seed, passion flower, dan valerian.
Latihan Peregangan
Bila gejala-gejala telah berkurang, Anda dapat melakukan latihan peregangan (stretching). Caranya :

1. Rentangkan lengan Anda ke samping;
2. Kepalkan tangan;
3. Tekukkan pergelangan tangan ke arah bawah, tahan selama 30 detik;
4. Ulangi langkah no.3, namun pergelangan ditekuk ke arah atas;
5. Istirahatkan lengan dan pergelangan kira – kira 1 menit;
6. Lakukan latihan secara bertahap dan perlahan hingga total latihan mencapai 5 menit, namun untuk latihan yang pertama kali, jangan terlalu dipaksakan.

Latihan dilakukan sebelum memulai pekerjaan, dan pada saat-saat istirahat. Menurut para ahli, latihan peregangan ini dapat mengurangi kebutuhan untuk tindakan pembedahan (pada kasus-kasus sangat berat), hingga 50%.













… Rokok … Rokok … Rokok …

Ngakunya miskin, tapi Qo ngerokok sih ?

Sebel banget liat orang yang hidupnya ngaku susah tapi dari mulutnya mengepul asap rokok yang ga brenti brenti. Padahal tanpa disadari dia sendiri yang menyebabkan hidupnya semakin susah.

Suatu saat aku di protes temenku gara – gara nyuekin pengemis yang renta. Benernya aku pengen banget ngasih sedekah buat beliau. Tapi begitu aku melihat beliau merokok rasa ibaku agak sedikit terganggu. Bagaimana mungkin aku memberinya sedekah yang lantas dibelikan rokok ? Duuuh … miris euy liatnya. Kalo tau dapetin uang itu nggak mudah kenapa juga harus di bakarin. Dalam hati aku cuma mohon ampun sama ALLAH, aku nggak niat nyuekin pengemis tersebut. Aku cuma nggak mau hatiku nggak ikhlas memberikannya.

Aa Gym juga pernah memberikan sedikit ilustrasi tentang hal yang hampir sama, ketika seorang tukang becak mengeluhkan permasalahan ekonomi dalam rumah tangganya. Dari mulutnya mengepul asap rokok. Aneh, bukannya kebutuhan keluarga adalah hal yang utama untuk di penuhi, sesulit apapun keadaan kita. Tapi seperti yang TaufiQ Ismail tulis dalam puisinya berhala – berhala kecil berwarna putih itu telah menguasai hidup penghisapnya.

Bicara soal Rokok emang ga ada habisnya. Sekalipun mereka yang merokok tau kalo kesenangannya bisa merusak kesehatan, hal itu dengan mudah diabaikan begitu saja. Makanya ga salah kalo mereka juga ga peduli dengan lingkungan, dan keluarganya, ga peduli bahwa perokok pasif itu jauh lebih beresiko di bandingkan mereka yang aktif merokok. Gimana mo peduli, sedangkan diri sendiri aja udah ga di peduliin lagi… Salah seorang temenku yang perokok berat malah bilang gini, ” Ngerokok mati, nggak ngerokok juga mati kok Nda !” hhhhhhhhh ….

Parahnya lagi kalo ngerokok di legalin sama para pemuka agama yang seharusnya menjadi panutan. BUkannya ikut menggolkan Fatwa tentang Haramnya Rokok, yang ada malah mempertentangkan hal tersebut dengan menyebut bahwa merokok hukumnya  makruh. Aneh …

Orang ngerokok nggak kenal waktu nggak kenal tempat. Sekalipun di negara ini ada larangan merokok di tempat umum, hal itu kayanya cuma jadi wacana doank. Atau seperti yang pernah aku denger, kalo peraturan itu di buat untuk di langgar ! Duuuuh ….

Ada satu acara di tv yang menayangkan bentuk – bentuk pelanggaran hukum yang di lakukan oleh warganya
secara sadar ataupun karena suatu kebiasaan. John Pantau di trans tv kalo ga salah. Salah satu episodenya ya tentang pelanggaran yang di lakukan masyarakat tentang larangan merokok di tempat umum ini. Anehnya ada sekelompok orang yang justru merokok di tempat yang justru ada sign Dilarang Merokok ! Kaya yang ngeledek gitu jadinya … Atau membodohi diri sendiri ? Atau ya seperti yang pernah aku dengar, PERATURAN di buat untuk DI LANGGAR !! Yang Parah malah yang berani – beraninya merokok di selasar pompa bensin ! Cuma orang bodoh yang melakukan itu ! Ups !! Maaf … karena kalo nggak bodoh pasti orang yang bersangkutan paham betul resiko dari perbuatannya.

Di Australia ga boleh merokok di tempat umum, ga ada tempat khusus untuk merokok seperti yang di sediain di Mall – Mall di Indonesia. Yang ada mereka harus tetap di luar gedung bila ingin merokok. Tidak juga di toilet Mall karena akan menyebabkan alarm berbunyi. Di Cafe dan Resto mereka yang merokok punya tempat khusus terpisah dari yang tidak merokok, sehingga asap rokok mereka tidak mengganggu pengunjung lain. Tapi hal itu di patuhi dengan baik. Di Singapore hal serupa juga ada disana. Apalagi negara tetangga yang satu itu terkenal karena kebersihan dan ketertibannya. (Kapan ya Indonesia bisa seperti itu ?)

Jelas merokok itu ga ada untungnya, banyak ruginya malah. Jadi buat apa juga di kerjain. Selain itu, bukannya untuk mendapatkan uang itu ga mudah ? Jadi kenapa juga di bakarin ? Apapun alasan untuk membenarkan kebiasaan merokok, aku tetep ga liat keuntungan apapun dari situ. Bayangin aja, 4000 macam racun di susupkan ke tubuh kita, itu ga bikin mereka jera ataupun takut ? Hebat ya …

Seandainya tidak ada asap rokok di lingkungan kita, alangkah nikmatnya menghirup udara yang bersih.

Akhirnya seperti yang di tulis TaufiQ Ismail dalam puisinya …

“Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala – berhala ini…”

… Rokok Haram !! …

TUHAN SEMBILAN SENTI

Oleh TaufiQ Ismail

Di sebuah ruang sidang ber- AC penuh, duduk sejumlah ulama terhormat

Merujuk kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa

Mereka ulama ahli hisap

Bukan ahli hisab ilmu falak,

Tapi ahli hisap rokok

Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka

Terselip berhala – berhala kecil,

Sembilan senti panjangnya,

Putih warnanya,

Kemana – mana di bawa dengan setia

Satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya

Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang

Tampak kebanyakan mereka memegang rokok dengan tangan kanan,

Cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri

Inikah gerangan pertanda yang terbanyak kelompok ashabul yamiin dan yang

Sedikit golongan ashabus syimaal ?

Asap rokok mereka mengepul – ngepul di ruangan AC penuh itu

Mammu’ut tadkhiin, ya ustadz, Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz

Kiai, ini ruangan ber-AC penuh.

Haadzihi al ghurfati malii’atun bi mukayyafi al hawwa’i

Kalau tak tahan, di luar itu sajalah merokok.

Laa taQtuluhu anfusakum. Min fadhlik, ya ustadz

25 penyakit ada dalam khamr, Khamr di haramkan.

15 penyakit ada dalam khinzir (babi). Daging khinzir di haramkan

4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok. Patutnya rokok diapakan ?

Tak perlu di jawab sekarang, ya ustadz. Wa yuharrimu ‘alayhimul khabaaith.

Mohon ini di renungkan tenang – tenang

Karena pada zaman Rasulullah dahulu

Sudah ada alkohol, sudah ada babi, tapi belum ada rokok.

Jadi ini PR untuk para ulama

Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok,

Lantas hukumnya jadi di makruh – makruhkan, jangan

Berhala – hala kecil itu sangat berkuasa di Negara kita,

Jutaan jumlahnya,

Bersembunyi di kantong baju dan celana

Di bungkus dalam kertas berwarni dan berwarna

Di iklankan dengan indah dan cerdasnya,

Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri,

Tidak perlu ruku’ dan sujud untuk taQarrub pada tuhan – tuhan ini,

Karena orang akan khusyuk dan fana dalam nikmat lewat upacara

Menyalakan api dan sesajen tuhan – tuhan ini,

Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala – berhala ini…

Jangan Gampang Minum Obat Sakit Kepala

idi_logo3.gif

Jangan Gampang Minum Obat Sakit Kepala

Oleh Dr. Handrawan Nadesul

Obat penghilang nyeri tergolong analgesic-antipyretic. Selain me-redakan nyeri, seka-ligus pereda demam juga. Jika diminum segampang kacang goreng, ginjal, hati, dan darah bisa rusak.


Pak Sat, 42 tahun, paling rajin minum obat. Sedikit-sedikit minum obat. Juga buat sakit kepalanya yang acap hilang timbul. Sudah lebih lima tahun belakangan ini ia rutin minum puyer sakit kepala. Kurang cespleng kalau sehari belum minum puyer.


Kemarin, Pak sat masuk RS. Perutnya mendadak mulas melilit. Kata dokter ususnya luka. Besar kemungkinan akibat keseringan minum puyer sakit kepala aspirin. Tinja berwarna hitam seperti ter, tanda ada luka berdarah di pencernaannya.


Obat analgesic-antipyretic ada beberapa jenis. Selain buat nyeri dan demam, jenis yang tergolong obat encok bisa meredakan nyeri selain mengatasi peradangan sendi juga.


Obat analgesic-antipyretic dipilah sesuai dengan kekuatan antinyeri dan antidemamnya. Ada jenis yang lebih kuat menghilangkan nyeri, ada pula jenis yang lebih kuat meredakan demamnya. Jenis obat dipilih sesuai kebutuhan kasusnya.


Jika dihimpun, efek samping, keracunan, kelebihan dosis, maupun akibat pemakaian lama, obat analgesic-antipyretic umumnya mengganggu pencernaan. Pasien maag perlu berhati-hati mengonsumsi obat jenis ini.

obat.jpg


Selain berisiko menimbulkan perdarahan lambung dan usus, analgetic-antipyretic merusak ginjal, hati, dan darah. Pendengaran pun bisa menurun, muncul keluhan tujuh keliling (vertigo), dan mungkin kuping terasa berdenging (tinnitus). Selain itu, sel darah putih bisa berkurang, atau mudah teiradi perdarahan di organ mana saja akibat menurutmya zat pembeku darah.


Akibat rutin minum obat sakit kepala mungkin mendadak malah timbul demam tinggi tanpa sebab yang jelas. Bisa juga muncul depresi, kejang-kejang, atau perubahan perilaku. Jika kelebihan dosis, pernapasan akan tertekan, dan mungkin berakhir fatal.


Ada pula jenis obat sakit kepala yang makan darah. Haemoglobin, zat utama dalam sel darah merah, bisa ikut terganggu pula. Selain itu sel darah merah gampang hancur, sehingga yang doyan minum obat sakit kepala bisa kurang darah (anemia haemolytic).

Obat golongan ini ada juga yang merusak ginjal. Jika kebanyakan, lama kelamaan bisa berakhir gagal ginjal. Selain itu, ada pula jenis yang punya sifat pencetus kanker ginjal, dan kandung kemih.

Analgesic-antipyretic tergolong obat paling sering menimbulkan alergi. Yang berbakat alergi tak tahan terhadap beberapa jenis atau semua jenis obat golongan ini. Begitu minum atau disuntik, langsung muncul alergi kulit berupa biduran (kaligata).

Jika berat, mungkin disertai sesak napas, mual-muntah, dan bisa jadi sampai serangan syok.

Mencari akar penyakitnya

*

Nyeri kepala, dan segala keluhan nyeri lain, sebetulnya cuma gejala dari suatu penyakit. Cukup banyak penyakit dengan gejala nyeri kepala. Kesalahan sering terjadi sebab yang acap diobati rasa nyerinya, dan bukan penyakit yang menimbulkan rasa nyerinya.

Kita tahu nyeri kepala bisa datang dari mana-mana bagian tubuh, termasuk dari jiwa juga. Orang yang mesti pakai kacamata baca, tapi abai, sering mengeluh nyeri kepala terus selama gangguan visus matanya tak dikoreksi. Waspada keluhan begini acap muncul pada usia mulai lewat 40.

Semua yang sudah melewati usia 40 butuh kacamata baca. Ini sering tidak disadari. Ketika jarak baca sudah harus lebih jauh dari sepenggaris, berarti mata perlu dikoreksi dengan kacamata baca. Jika tetap membaca tanpa bantuan kacamata baca, mata akan letih, lalu muncul nyeri kepala. Dengan bertambahnya umur, setiap 2-3 tahun kacamata baca perlu ditambah lensa plusnya.

Salahnya, pada keluhan nyeri kepala sebab mata tua (presbyopia) yang diobati cuma nyeri kepalanya, bukan matanya. Begitu obat tidak minum, nyeri kepalanya cekot-cekot lagi. Apalagi sehabis banyak membaca, lama di depan monitor, atau nonton televisi.

Nyeri kepala bisa pula berasal dari gigi, radang sinus, gangguan rongga hidung (kelainan sekat hidung), atau penyakit lambung. Selama penyakitnya tidak diobati, keluhan nyeri kepalanya muncul terus.

Minum obat sakit kepala tidak menyelesaikan masalah.Jika bukan penyakitnya yang diatasi, malah justru menimbulkan masalah baru. Pasien harus memikul efek samping, keracunan, atau kelebihan dosis obat sakit kepala.

Pasien encok korban terbanyak akibat obat pereda nyeri. Kita tahu tidak semua encok dapat sembuh. Pasien encok terus saja bergantung pada obat encoknya. Padahal tidak semua obat encok, termasuk obat tradisional (Cina), aman dipakai untuk waktu lama.

Kasus anemia, kelainan darah putih (agranulocytosis), serta gangguan sel darah lain sering diderita pasien encok yang salah memilih obat.

Beberapa jenis obat encok ilegal ditarik dari pasar selama ini sebab tidak aman buat tubuh. Mengapa? Sebab selain berisi obat pereda nyeri (jenis yang mungkin sudah dilarang beredar), tak sedikit obat encok ilegal, baik berupa kapsul maupun jamu, yang kedapatan menambahkan obat golongan corticosteroid (hormon), yang sekalipun berkhasiat, namun tak boleh dipakai untuk waktu lama.

Jiwa yang gundah, pikiran yang tegang, emosi yang gulana, bisa muncul sebagai keluhan nyeri kepala juga. Tentu yang harus diobati jiwanya, bukan nyeri kepala tegangnya.*

Antibiotik

idi_logo2.gif

Tentang Antibiotik

Taukah Anda bahwa Antibiotik sebaiknya di minum pada saat perut dalam keadaan kosong. Lebih efektif bila di konsumsi setengah jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Tujuannya agar obat dapat di serap dari saluran cerna dengan baik sehingga di peroleh kadar yang optimal dalam darah.

Antibiotik, terutama derivate (turunan) tetrasiklin, sebaiknya tidak di minum bersama susu, atau obat maag. Karena di dalam ketiganya terdapat unsur – unsur logam yang dapat berkaitan dengan antibiotic, sehingga mempersulit pencernaan.

Tak Cuma di harus di minum selama jangka waktu tertentu, tapi sebaiknya antibiotic di minum dalam selang waktu yang teratur dan tetap. Misalnya bila harus di minum 3 kali sehari, itu artinya di minum dengan selang waktu kurang lebih 8 jam sekali. Bukan hanya sekedar pagi, siang dan sore dengan selang waktu berbeda – beda. Agar mendapatkan kadar obat dalam darah yang lebih stabil dan optimal.

Penderita penyakit hati dan ginjal harus lebih berhati – hati menggunakan antibiotic dan obat – obatan lain. Karena pada umumnya antibiotic “di cerna “ di hati dan “di buang” melalui ginjal, sehingga dapat memperberat fungsi ginjal dan hati yang sudah mulai menurun. Gangguan fungsi kedua organ tersebut juga akan menyebabkan penimbunan dan peninggalan kadar antibiotic di dalam darah, sehingga makin memperbesar resiko timbulnya akibat sampingan . Dalam hal ini dosis antibiotic harus di kurangi.

Pada kasus tertentu misalnya demam tifoid, penyakit infeksi yang disebabkan oleh salmonella, antibiotic harus terus diminum sampai beberapa hari setelah gejala penyakit itu hilang. Maksudnya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya karier (kuman yang masih menetap di dalam tubuh, tanpa menimbulkan gejala sakit) yang dapat memicu kekambuhan atau bahkan penularan.

Seperti obat – obat lainnya, antibiotic juga dapat menimbulkan efek samping. Jika efek sampingnya hanya ringan dan dapat di toleransi oleh tubuh seperti mual saja, obat ini tetap boleh di minum. Namun bila sampai menimbulkan efek samping yang lebih berat segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter yang memberikan resep tersebut.

Berdasarkan sifat kerjanya terhadap bakteri, antibiotic terbagi menjadi 2 golongan. Yaitu yang bersifat bakterisida ( yang dapat membunuh bakteri) dan yang bersifat bakteriostatik (menghambat pertumbuhna bakteri). Yang termasuk golongan pertama adalah derivate penisilin. Sedangkan yang termasuk golongan kedua yaitu derivate tetrasiklin, kloramfenikol, eritromisin, dan sulfonamide.

Kombinasi diantara sesame antibiotic bakterisida atau diantara sesama antibiotic bakteriostatik , secara klinis tidak merugikan. Tetapi belum tentu juga lebih menguntungkan di bandingkan dengan preparat tunggal. Namun gabungan antara keduanya kadang dapat merugikan. Contohnya kombinasi antara derivate tetrasiklin dan penisilin. Tetrasiklin, yang menghambat pertumbuhan bakteri akan mengurangi kegunaan penisilin. Karena penisilin justru bekerja aktif terhadap bakteri yang sedang tumbuh cepat. Walaupun demikian, ada juga kombinasi keduanya yang ternyata menguntungkan secara empiris.

Yang perlu diingat, pemakaian antibiotic memang tidak boleh sembarangan, tetapi antibiotic bukanlah obat yang harus di takuti atau di hindari. Pemakaian yang terlambat justru akan memperberat suatu penyakit, bahkan dapat berakibat fatal. Oleh karena itu gunakanlah antibiotic secara cermat dan tepat.

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    April 2017
    S S R K J S M
    « Mei    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,959 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..