… Duuuuh …

Duuuh…

Ngewine, ngebeer, clubbing, dugem, …

wine_and_beer

Hhhhhh… dunia apa itu ? Gaya hidup modern yang saat ini digemari oleh para eksmud, anak muda, bahkan para ibu – ibu rumah tangga biasa. Jujur aku kaget ketika suatu saat bergabung disebuah milis. Tadinya aku bergabung di milis tersebut dengan maksud ingin mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat, tapi yang aku dapat … mmm … suatu yang bermanfaat juga ku pikir, karena dari situ aku tau ternyata ada sebagian orang yang mengisi hari harinya dengan kenikmatan duniawi saja, bersentuhan dengan segala sesuatu yang sebenarnya haram, tapi merasa tetap baik – baik saja. Bagaimana mungkin itu terjadi, sementara mereka bukan orang – orang yang tak punya pengetahuan tentang halal dan haram. Bahkan beberapa diantaranya mengaku sudah pernah menunaikan ibadah umrah.

Pengalaman menarik. Milis yang online sepanjang hari, 24 jam tanpa henti. Selalu saja ada yang posting untuk saling menyapa atau membicarakan hal – hal yang menurutku sama sekali nggak ada gunanya. Tidak ada ilmu sama sekali yang dapat ku ambil disana. Satu – satunya ilmu yang bisa ku dapat disana mungkin pengetahuan tentang apa yang mereka lakukan sepanjang hari. Cara bertutur yang kadang tanpa aturan. Mungkin aku yang norak dan nggak ngerti arti modern kali ya …

Sehari – harinya pembicaraan mereka seputar  sapa menyapa antar teman, trus ngobrol ngalor ngidul yang ga juntrung, dan di akhir hari ketika aktivitas kerja sudah berakhir mereka mulai merencanakan untuk clubbing di cafe – cafe. Maklum mau langsung pulang macet di jalan, jadi mampir dulu untuk hangout dengan teman – teman di cafe favorite. Ditemani wine dan beer mereka menghabiskan waktu sampai pagi .

Wine, beer, clubbing. Masya ALLAH semua yang haram, herannya mereka tau itu ! Namun hal itu tidak menyurutkan keinginan untuk berkumpul bersama dan ngewine juga ngebeer bareng. Uniknya mereka lakukan itu dengan sadar bahwa itu sebenarnya tidak boleh. Lalu dimana keluarga mereka tempatkan ? Pulang kerja hangout dengan teman – teman sampai pagi. Pulang ke rumah anak – anak masih tidur lelap. Bangun pagi anak – anak sudah berangkat sekolah atau kuliah. Aku ga ngerti kehidupan seperti apa yang mereka jalani ? Apakah anak – anak itu tau kemana ibu atau ayah mereka pergi menghabiskan hari – harinya ? Duuuuh…. berbagai pertanyaan yang mungkin terdengar katrok muncul dari kepalaku. Masya ALLAH.

clubbing_Full

Kehidupan macam apa ini ? Apakah ini yang disebut dengan gaya hidup modern ? Aku kah yang ndeso, katrok dan norak ? Lalu akan seperti apa generasi pendatang akan tumbuh ? Akan jadi apa mereka nanti ?

Masya ALLAH …

Sungguh, aku bingung ya ALLAH. Aku sungguh prihatin. Dunia ini memang sudah sangat edan, semua nilai menjadi terbalik. Yang harusnya menjadi tuntunan malah dianggap ketinggalan jaman, jadul, dipergunjingkan dan dianggap aneh di tengah kemajuan jaman. Sementara mereka dengan perilaku menyimpang justru dianggap biasa dan wajar – wajar aja.

Aku terbiasa dengan pola pikirku sendiri, bahwa dalam setiap kegiatanku aku harus bisa memperoleh manfaat dari apa yang ku lakukan. Begitu juga ketika aku ingin bergaul, silaturahim, atau datang ke suatu tempat. Yang pertama ku pikirkan adalah, apa yang nanti akan aku peroleh disana. Manfaat apa yang aku dapat darinya.

Aku jadi ingat ucapan Nabi, “Bergaul dengan penjual minyak wangi, kita akan kecipratan wanginya, sementara bergaul dengan pandai besi kita akan bau besi. “ Lingkungan amat memperngaruhi kita. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk bergaul dengan orang – orang sholeh. Dengan begitu bila kita suatu saat melakukan hal yang keliru, mereka akan dengan cepat meluruskan. Terbayang kan bila kita bergaul dengan mereka yang tidak paham mana yang benar mana yang salah, atau mereka yang tidak peduli apakah itu benar atau salah ?

Modern kah hal – hal itu ? Karena yang ku tau, mereka yang modern justru memanfaatkan waktunya dengan seefektif mungkin. Di Amerika, Australia, Jepang dan negara lain yang bisa di bilang trend setter kemajuan suatu peradaban, kebebasan tidak seperti yang ku lihat disini. Mereka yang suka mabuk hanya pengangguran yang stress karena tidak punya pekerjaan, gelandangan, dan supir truk yang mampir untuk istirahat. Sementara para eksekutif yang bergelut dengan pekerjaannya justru tidak punya waktu untuk mabuk. Bagi mereka waktu demikian berharganya. Mereka sangat profesional dengan pekerjaan. Kalau ada diantara mereka yang mabuk, pasti karena tak mampu mengelola stressnya.

Ingat tulisan yang pernah di tulis oleh Ida Arimurti tentang Indonesia yang lebih bebas dari Amerika. Kenyataannya memang begitu. Indonesia luar biasa bebas dan memprihatinkan !

Ya ALLAH, kalo anak – anak ini dibesarkan di lingkungan yang dekat dengan kemaksiatan seperti ini, mau jadi apa mereka nanti ? Generasi seperti apa yang akan hadir bila mereka dibesarkan oleh orang tua yang dekat dengan hal – hal yang Engkau haramkan ? Bukankah anak – anak itu seperti cermin ? mereka memantulkan apa yang mereka lihat dan dengar juga yang mereka alami ?

AMINUTE

Ya ALLAH, untuk apa clubbing ? Adakah kebaikan di dalamnya ? Bukankah disana kita akan bersentuhan dengan hal – hal yang tak pernah KAU sukai ? Kalau tujuannya untuk silaturahim, silaturahim seperti apa yang bisa kita harapkan ada disana ? Kenapa harus ada wine dan beer ? Mereka bilang wine dan beer untuk persahabatan ? Yang aku tau wine memang dianggap sebagai sebuah minuman penghormatan seseorang kepada relasi, teman atau orang – orang yang mereka hormati. Namun itupun di lakukan dalam sebuah jamuan malam yang resmi. Itupun dengan porsi yang sangat sedikit (karena yang aku tau minum wine ada tata caranya, tidak di tenggak sesuka hati bahkan sampai mabuk ! ). Sementara beer di minum untuk menghangatkan badan. Maklum, mereka yang minum beer tinggal di tempat yang dingin. Semua minuman itu mengandung alkohol yang kadarnya tidak rendah. Rendah pun tetap alkohol namanya, yang bila masuk ke tubuh kita satu tetes saja dengan sengaja, membuat nilai ibadah kita menjadi NOL di hadapanNya selama 40 hari 40 malam. Bayangkan bila yang masuk ke tubuh kita lebih banyak lagi, bahkan sampai kita mabuk ? Astaghfirullah …

Aku ingat salah satu teman yang suka banget mabuk, tapi sholatnya juga tetap jalan. STMJ katanya, Sholat Terus Maksiat tetap Jalan. “ Yang penting niat gue lurus, dan cuma ALLAH yang tau.” Begitu katanya lagi. Ada apa dengan mereka ya ALLAH ?

Untuk apa menjadi modern ya ALLAH bila kemudian jauh dari tuntunanMu ? Bukankah KAU bekali kami dengan akal budi agar kami menjadi mulia di hadapanMu ?

Buat apa kami di anggap modern bila kehidupan yang kami dapat justru menjadi bumerang ? Mendapati anak – anak kami rusak oleh kemajuan jaman yang  salah dalam mengaplikasikannya.

Bukankah Engkau selalu menuntun kami untuk selalu mau berfikir ? Bukankah itu sebabnya Engkau bekali kami dengan akal budi ? Untuk berfikir tentang hikmah yang selalu Kau sampaikan pada kami tiap hari, untuk memikirkan kehidupan yang Kau berikan pada kami, agar kami mampu mensyukurinya. Tapi kenapa banyak yang justru di perbudak oleh akal budi dan menjadi jauh dari tuntunanMu ?

Namun ku yakin ini semua ada dalam rencanaMu. Mereka yang baik, yang tidak baik atau yang kurang baik Kau ciptakan berdampingan. Semua ku yakini ada maksudnya, karena Kau selalu ingin kami membaca keinginanMu. Yang baik berdampingan dengan yang tidak baik ataupun dengan yang kurang baik, pasti Kau ingin masing – masing saling belajar . Tak ada satupun yang sia – sia, tak ada satupun yang tak terencana. Tinggal bagaimana kita mengambil pelajaran dan mengambil hikmah dari setiap kejadian sehari – hari.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Mei 2009
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 181,686 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..