… Arafah …

AKU RINDU ARAFAH

arafah

Ketika 3 juta jemaah haji serentak bergerak menuju Arafah …

Kerinduanku pada tempat itu membuncah. Aku rindu tempat suci itu, aku rindu Arafah, rindu wukuf di dalamnya. Titik balik dalam kehidupanku yang merubah semuanya. Semua pandanganku pada hidup ini, padaNya, pada RasulNya. Membuat cintaku padaNya semakin melangit tinggi, membuat kerinduanku padaNya semakin membuncah. Membuat diriku semakin tampak kerdil dan penuh debu, dosa, dhaif dan fakir.

Ya ALLAH Engkau yang mampu membolak balikan hatiku, Jaga hatiku agar aku tetap pada ketaatanku padaMu. Jaga hatiku agar aku selalu rindu padaMu. Sulit, berat, dan sangat berat … tanpa bantuanMu aku pasti tak mampu, hawa nafsu sering menyesatkanku ya ALLAH.

Ya ALLAH ijinkan aku melangkahkan kakiku lagi disana. Di tanah suciMu, berhaji, menemuiMu.

SubhanALLAH,

Merinding, bergetar, kelu lidah ini dan mataku basah, melihat 3 juta manusia berpakaian ihram bergerak menuju kesatu titik. ARAFAH. Ya hari ini adalah puncak dari perjalanan haji. Di nobatkannya kita menjadi haji, wisudanya seorang Muslim menjadi (insya ALLAH) sebenar – benarnya Muslim. Haji Mabrur, tiada balasannya kecuali Syurga. (HR. Bukhari)

Labaik Allahuma Labaik …

Ya ALLAH aku memenuhi panggilanmu …

Perjuangan yang tidak mudah. Perjuangan yang tidak ringan. Namun indah dan sangat berkesan. ALLAHU AKBAR, Engkau benar – benar menguji kami disana, Engkau benar – benar memperkenalkan diri pada kami, menunjukan kuasaMu, menunjukan cintaMu, mengingatkan kami semua bahwa Engkau ADA dan kami hanyalah hamba – hamba MU yang sepenuhnya bergantung pada kekuasaanMu.

Sedikit saja KAU cabut nikmat sehatku, aku tak mampu berdiri dan berjalan. Padahal Arafah sudah di depan mata. Aku tak mau menyusahkan orang sekalipun orang terdekatku. Aku tak mau bergantung pada makhluk ya ALLAH. Aku tau Engkau menanti doaku, menanti tangisku, menanti rengekanku untuk segera menyembuhkan aku, aku tau Engkau ingin menunjukan kasih sayangMu padaku. Aku tau Engkau ingin aku datang padaMu. Ini aku ya ALLAH yang lemah dan tak berdaya tanpaMu. Ini aku ya ALLAH yang sering merasa sombong dan mampu berbuat segalanya. Ini aku ya ALLAH yang sering melupakanMu. Aku ternyata sangat dhaif, lemah tanpaMu. Aku hanya makhluk yang tak memiliki kekuatan apapun tanpa kasih sayangMu. Aku akhirnya belajar. Aku akhirnya menyadari itu semua. Engkaulah yang membolak balikan hatiku.

arafah1

Tau kah sahabat, apa yang terbetik dalam hatiku, ketika aku berjalan menuju ARAFAH ?

Akankah ALLAH memuliakan aku dengan berpakaian sesempurna ini kelak di padang Mashyar ?

Akankah aku layak di beri pakaian sebagus ini kelak ?

Ya ALLAH jangan hinakan aku kelak di hadapanMu. Aku ingin bisa berbaris di belakang Nabiku, aku ingin bisa mendapatkan syafaatnya, pantaskah aku ya ALLAH ?

Aku sudah mendapatkan nikmatMu untuk berhaji. Padahal aku bukanlah salah satu dari mereka yang sholih. Aku hanya seorang yang dhaif yang tak pandai bersyukur, yang masih selalu mengabaikan perintahMu, yang tak tau bagaimana rasanya rindu padaMu dan RasulMu. Masih banyak orang – orang sholih yang lebih pantas KAU undang ke tanah suciMu. Mereka lebih layak di bandingkan aku. Namun aku tau KAU selalu tau apa yang yang terbaik untuk hamba – hambaMU. KAU yang mampu membolak – balikan hati hambaMU. KAU lah yang merencanakan segala sesuatu bagi hidupku.

Ya ALLAH,

Sungguh aku rindu perjuangan itu. Rindu berdesak – desakan di depan ka’bah. Rindu berjalan bersama ribuan orang lainnya menuju Mina. Tidur di tenda beralaskan karpet tipis, dimana batu – batu di bawahnya menusuk – nusuk punggung. Namun ku rasakan sebagai pijatan lembut yang menghilangkan lelahku setelah menempuh perjalan Mekkah – Mina. Aku rindu berjalan dengan pakaian ihram menuju Arafah. Melihat lautan manusia bergerak menuju ke satu titik. Melihat diriku yang kecil dan tak berarti. Rindu langit beningMu diatas ARAFAH, tempatMu berdiri bersama para malaikatMu untuk membanggakan kami yang ada di dalamnya. Menganggap kami sebagai umat – umat terbaikmu, tamu istimewa di rumahMU.

wukuf

SubhanALLAH, aku rindu jamaratMu ya ALLAH. Melempari hawa nafsu diri sendiri, memerangi syetan yang ada pada diri sendiri, dan berjuang untuk menjadi lebih baik selepasnya. Hhhhh…

Sebuah perjuangan terberat yang harus di lalui dalam rangkaian haji, karena saat itu kita tidak hanya berhadapan dengan manusia saja. Tapi manusia yang sedang berperang dengan hawa nafsunya, berperang dengan syetan yang ada pada dirinya. Dengan batu di tangan dan nafsu di hati, lempar jumrah jadi sarat dengan perjuangan. Mampukah kita melakukannya dengan kesadaran dan keyakinan bahwa yang kita lempari adalah syetan dalam diri sendiri. Tanpa harus mengorbankan orang lain yang ada di sekitar kita.

jamarat

Pantaskah aku untuk semua kebanggaan itu ya ALLAH ?

Pantaskah untuk aku yang dhaif ini ?

Pantaskah aku mendapatkan haji Mabrur, dengan syurga sebagai balasannya ?

Wallahu’alam

Iklan

2 Komentar

  1. insya ALLAH cyank.. one day… we’ll be there

  2. Subhanallah, Walhamdulillah, Wa Laaillahaillahu, Allahu Akbar

    Wahai hamba Allah yang sedang menjalani prosesi haji, semoga wukuf antum semua dapat berjalan lancar, dimudahkan dan diringankan sampai usai, semoga juga tetap dijaga keikhlasan dan ketulusan dalam qolbu antum semua. Raihlah gelar Haji Mabrur.

    Ana yang masih jauh dari perhitungan kapan bisa berangkat berhaji ke Rumah Allah, masih dalam harapan. Hanya kehendak Allah sajalah yang dapat memampukan diri ini untuk berangkat ibadah haji. Amin.

    Sekali lagi ana sampaikan selamat menjalani puncak prosesi ibadah haji, Wukuf di padang Arofah.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Desember 2008
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,960 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..