… Rokok … Rokok … Rokok …

Ngakunya miskin, tapi Qo ngerokok sih ?

Sebel banget liat orang yang hidupnya ngaku susah tapi dari mulutnya mengepul asap rokok yang ga brenti brenti. Padahal tanpa disadari dia sendiri yang menyebabkan hidupnya semakin susah.

Suatu saat aku di protes temenku gara – gara nyuekin pengemis yang renta. Benernya aku pengen banget ngasih sedekah buat beliau. Tapi begitu aku melihat beliau merokok rasa ibaku agak sedikit terganggu. Bagaimana mungkin aku memberinya sedekah yang lantas dibelikan rokok ? Duuuh … miris euy liatnya. Kalo tau dapetin uang itu nggak mudah kenapa juga harus di bakarin. Dalam hati aku cuma mohon ampun sama ALLAH, aku nggak niat nyuekin pengemis tersebut. Aku cuma nggak mau hatiku nggak ikhlas memberikannya.

Aa Gym juga pernah memberikan sedikit ilustrasi tentang hal yang hampir sama, ketika seorang tukang becak mengeluhkan permasalahan ekonomi dalam rumah tangganya. Dari mulutnya mengepul asap rokok. Aneh, bukannya kebutuhan keluarga adalah hal yang utama untuk di penuhi, sesulit apapun keadaan kita. Tapi seperti yang TaufiQ Ismail tulis dalam puisinya berhala – berhala kecil berwarna putih itu telah menguasai hidup penghisapnya.

Bicara soal Rokok emang ga ada habisnya. Sekalipun mereka yang merokok tau kalo kesenangannya bisa merusak kesehatan, hal itu dengan mudah diabaikan begitu saja. Makanya ga salah kalo mereka juga ga peduli dengan lingkungan, dan keluarganya, ga peduli bahwa perokok pasif itu jauh lebih beresiko di bandingkan mereka yang aktif merokok. Gimana mo peduli, sedangkan diri sendiri aja udah ga di peduliin lagi… Salah seorang temenku yang perokok berat malah bilang gini, ” Ngerokok mati, nggak ngerokok juga mati kok Nda !” hhhhhhhhh ….

Parahnya lagi kalo ngerokok di legalin sama para pemuka agama yang seharusnya menjadi panutan. BUkannya ikut menggolkan Fatwa tentang Haramnya Rokok, yang ada malah mempertentangkan hal tersebut dengan menyebut bahwa merokok hukumnya  makruh. Aneh …

Orang ngerokok nggak kenal waktu nggak kenal tempat. Sekalipun di negara ini ada larangan merokok di tempat umum, hal itu kayanya cuma jadi wacana doank. Atau seperti yang pernah aku denger, kalo peraturan itu di buat untuk di langgar ! Duuuuh ….

Ada satu acara di tv yang menayangkan bentuk – bentuk pelanggaran hukum yang di lakukan oleh warganya
secara sadar ataupun karena suatu kebiasaan. John Pantau di trans tv kalo ga salah. Salah satu episodenya ya tentang pelanggaran yang di lakukan masyarakat tentang larangan merokok di tempat umum ini. Anehnya ada sekelompok orang yang justru merokok di tempat yang justru ada sign Dilarang Merokok ! Kaya yang ngeledek gitu jadinya … Atau membodohi diri sendiri ? Atau ya seperti yang pernah aku dengar, PERATURAN di buat untuk DI LANGGAR !! Yang Parah malah yang berani – beraninya merokok di selasar pompa bensin ! Cuma orang bodoh yang melakukan itu ! Ups !! Maaf … karena kalo nggak bodoh pasti orang yang bersangkutan paham betul resiko dari perbuatannya.

Di Australia ga boleh merokok di tempat umum, ga ada tempat khusus untuk merokok seperti yang di sediain di Mall – Mall di Indonesia. Yang ada mereka harus tetap di luar gedung bila ingin merokok. Tidak juga di toilet Mall karena akan menyebabkan alarm berbunyi. Di Cafe dan Resto mereka yang merokok punya tempat khusus terpisah dari yang tidak merokok, sehingga asap rokok mereka tidak mengganggu pengunjung lain. Tapi hal itu di patuhi dengan baik. Di Singapore hal serupa juga ada disana. Apalagi negara tetangga yang satu itu terkenal karena kebersihan dan ketertibannya. (Kapan ya Indonesia bisa seperti itu ?)

Jelas merokok itu ga ada untungnya, banyak ruginya malah. Jadi buat apa juga di kerjain. Selain itu, bukannya untuk mendapatkan uang itu ga mudah ? Jadi kenapa juga di bakarin ? Apapun alasan untuk membenarkan kebiasaan merokok, aku tetep ga liat keuntungan apapun dari situ. Bayangin aja, 4000 macam racun di susupkan ke tubuh kita, itu ga bikin mereka jera ataupun takut ? Hebat ya …

Seandainya tidak ada asap rokok di lingkungan kita, alangkah nikmatnya menghirup udara yang bersih.

Akhirnya seperti yang di tulis TaufiQ Ismail dalam puisinya …

“Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala – berhala ini…”

2 Komentar

  1. jgn marah n sebel ukh, dunia penuh warna, doain aja spy g ngerokok khan dpt pahala. syukur22 dikabulin jd g sesek lg deh dunia dg asap

  2. good post and good BLOG…!!!! Syaluuut….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Pos-pos Terbaru

  • Fave Category

  • My Journey

    Oktober 2008
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,170 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..