… Ramadhan bentar lagi …

RAMADHAN BENTAR LAGI,

SIAP – SIAP YUK…. !

Sebentar lagi Ramadhan, bulan yang paling din anti oleh Rasulullah. Ya.. Rasulullah, keluarga beserta para sahabatnya sangat merindukan bulan yang suci ini setiap tahunnya.

Tau juga nggak kenapa ? Karena bulan ini adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Jadi, kalo berniat menuai pahala, jangan sia – siakan bulan istimewa ini. Kita melaksanakan shaum wajib (sebagai Muslim, kata shaum lebih tepat dibandingkan Puasa, karena kaum Nasrani dan Yahudi juga berpuasa di waktu – waktu tertentu) sebagai bukti ketaatan kita pada perintahNya sambil berusaha keras untuk menjauhi semua laranganNya yang menyebabkan kita batal shaum.

Udah siapkah kita menyambutnya ? Wah rugi kalo belom. Coz bulan ini hanya ada 1 kali dalam setahun. Sayangnya kita tidak tau apakah di tahun yang akan datang kita masih diberi umur dan kesempatan untuk menikmati bulan suci ini lagi atau tidak. Bukan apa – apa, umur kita adalah hak mutlak Allah. Nggak ada yang bisa memastikan kapan kita akan ‘pulang’. Jadi, rugi banget kan menyia – nyiakannya…

Apa sih keutamaan bulan Ramadhan bagi kita ? Yang jelas bulan penuh maghfirah dalam bahasa Indonesia diartikan limpahan rahmat juga bulan penuh ampunan. Allah memuliakan bulan ini diantara bulan – bulan lainnya. Di bulan ini kita melaksanakan shaum, yang artinya menahan diri dari makan, minum, juga berbuat tidak baik, bagi yang sudah menikah shaum juga menahan diri dari melakukan jimaa’ atau hubungan suami istri, sampai batas waktu tertentu yaitu dari mulai subuh sampai maghrib. Kenapa bulan ini di muliakan Allah diantara bulan – bulan yang lain ? Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman : “ ….Setiap amal anak Adam itu untuk dirinya sendiri, kecuali shaum, dimana hal itu untukKu dan Aku sendiri yang akan memberikan pahala atas shaumnya…” ada lagi yang bunyinya demikian : “ Shaum itu untukKu, ia meninggalkan syahwatnya, makanan dan minumannya karena Aku. Puasa itu perisai dari neraka. Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka dan kesenangan ketika bertemu Tuhannya. “

Bulan ini juga bulan penuh ampunan. Jangan sia – siakan kesempatan menebus dosa di bulan ini dengan memperbanyak ibadah. Karena Allah berjanji akan mengampuni siapapun yang memohon ampunan kepadaNya. Bukankah kita semua yakin pada janjiNya yang pasti ?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Pos-pos Terbaru

  • Fave Category

  • My Journey

    Agustus 2008
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,170 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..