… Anak saya berbohong …

ANAK SAYA BERBOHONG ?

By, Bayu Gawtama

Ada kejadian menarik di hari senin lalu, tepatnya senin malam ketika isteri saya memeriksa buku tabungan Hufha -anak saya yang sulung, kelas 2 SD- “Hufha nggak nabung hari ini? kan uangnya sudah dikasih?”

Hufha yang ditanya saat itu sedang merapikan buku untuk sekolah esok hari, sedikit gelagapan -setidaknya saya menangkapnya seperti itu lalu, “nngg… itu… bu gurunya nggak nulis di buku tabungan…” tanpa melihat sedikit pun ke arah umminya dan terus asik melihat buku
pelajarannya.

Isteri saya sedikit berbisik ke saya, “Apa dia nggak nabung dan uangnya dijajanin? Apa benar ibu gurunya tidak menulisnya?”

Kemudian isteri saya sedikit mendesak Hufha, “Uangnya nggak dijajanin kan? kalau teteh bohong nanti gak dikasih uang nabung lagi sama ummi,” Ups, saya agak kurang setuju dengan nada menuduh dari isteri saya dan segera saya memotongnya sebelum Hufha menjawab, sebab saya lihat wajahnya mendung, sebentar lagi hujan turun. “Begini aja teh, besok sekalian nabung, bilang bu guru ya yang kemarin ditulis”. Si teteh pun tersenyum.

Malam harinya sebelum tidur, saya bilang ke isteri agar anak-anak diberi kepercayaan lebih. Lihat saja besok kalau Hufha menabung dan ada sejumlah uang yang juga ditulis oleh gurunya di hari sebelumnya,
berarti ia tidak berbohong. Namun kalaupun dia berbohong, tetap diberi kepercayaan walau tetap dikontrol. Misalnya, jika besok dia nabung dan hari sebelumnya tidak menabung -terlihat dari tidak ada jumlah yang ditulis oleh guru- setidaknya ia sudah menyadari kesalahannya dengan menabung pada hari itu. “Kalau besok Hufha menabung berarti dia sudah tahu kalau perbuatannya kemarin itu salah. Itu sudah cukup memuaskan bagi kita karena ia tidak mengulangi perbuatannya”

Siang hari setelah Hufha pulang sekolah, Umminya langsung memeriksa buku tabungan dan “Alhamdulillah. …” Hufha benar, ia tidak berbohong, memang ibu gurunya kemarin lupa mencatat di buku tabungan.

Isteri saya langsung mencium kening Hufha seraya minta maaf karena kemarin sempat tidak mempercayainya. Saya pun tersenyum.

Gaw
LifeSharer
087 87 877 1961

1 Komentar

  1. Salam, numpang jalan2. Damai sekali situs ini…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Pos-pos Terbaru

  • Fave Category

  • My Journey

    Agustus 2008
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,170 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..