… Duuh KoQ asal siy …

Berjilbab Dengan Ilmu

( 2 )

Melihat idolanya menggunakan kerudung, banyak yang lalu ikut – ikutan berkerudung. Padahal jilbab yang digunakan kadang tidak sesuai dengan syariah. Publik figur sebenarnya bisa menjadi contoh yang baik, namun sayangnya mereka justru membuat semuanya menjadi sangat rancu. Bisa jadi karena mereka menggunakannya tanpa ilmu yang cukup tentang jilbab. Kenapa harus berjilbab, apa yang dimaksud dengan jilbab, dan syarat apa yang menyertainya. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa apa yang mereka pakai adalah yang benar. Karena modis, dan trendy akhirnya banyak yang tergiur untuk mengikuti jejak yang salah itu.

Mereka lupa melengkapi diri dengan ilmu yang cukup mengenai jilbab. Bahwa jilbab adalah satu set pakaian yang menutupi aurat dari ujung kepala sampai ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan. Tidak hanya sekedar pakaian tapi ada syarat yang menyertainya, bahwa model pakaian harus longgar dan tidak menunjukan lekuk tubuh, bahanpun tidak tipis sehingga menampakan kulit, tidak boleh menyerupai pakaian laki – laki dan kerudung yang panjang menutupi bagian dada. Semua itu ada maksudnya, karena ALLAH tidak pernah memberikan sebuah peraturan tanpa maksud yang jelas.

Jilbab adalah identitas bagi para muslimah. Tidak karena sedang tren atau karena banyaknya model jilbab yang ada sekarang, tapi jilbab adalah perintah Allah dan RasulNya. Sarana ALLAH melindungi para muslimah dari segala fitnah yang berasal dari syahwat yang tak terjaga. Membuat para muslimah menjadi lebih mulia.

Di majalah – majalah Islam yang ada saat ini justru banyak di tampilkan model-model pakaian Muslimah. Menggembirakan sekaligus membuat hati sedih. Gembira karena akan banyak yang tertarik untuk berbusana muslimah, sedih karena banyak yang justru menawarkan model yang sama sekali tidak bisa di kategorikan sebagai busana muslimah yang sesuai syariah. Modelnya masih saja menonjolkan lekuk tubuh, kerudung yang di gunakan juga hanya sekedar penutup kepala, bukan sebuah rangkaian jilbab. Jilbab mulai di produksi besar – besaran. Berbagai merk, model, warna dan ukuran di tawarkan di media cetak. Menggunakan icon para artis terkenal. Namun sesuaikah dengan tuntunannya ? Jawabannya … Masih belum.


Jadi gunakanlah jilbab, bukan karena sedang trend, gunakanlah karena itu perintah ALLAH dan RASUL nya. Lengkapi dengan Ilmu yang cukup mengenainya. Bagaimana dan seperti apa seharusnya jilbab itu.

Ketika An Nur ayat 31 tentang kewajiban menggunakan jilbab itu di turunkan, para muslimah saat itu menyambutnya dengan bergegasmerobek kain yang ada di rumah rumah mereka dan menyarungkannya ke tubuh mereka sebagai jilbab. Mereka tak bertanya : mengapa ? Mereka juga tak pernah menggugat apa gunanya jilbab tersebut bagi saya ? Mereka juga tak perduli dan khawatir jilbab sederhana yang mereka kenakan saat itu hanya dari sobekan kain tak mengikuti tren busana. Semua karena keyakinan yang ada pada diri mereka, bahwa apa yang disampaikan Nabi berupa firmanNya pastilah benar juga bermanfaat dunia dan akhirat bagi mereka.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Juni 2008
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,960 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..