… dari Syekh Abdul Qadir Al Jailani …

Sahabatku,

Hatimu adalah cermin yang kotor. Bersihkanlah debu yang melekatinya, karena hati di takdirkan untuk memantulkan cahaya Ilahi.

JIka cahaya dari ALLAH, yang merupakan cahaya langit dan bumi … menerangi hatimu, ia akan menyalakan lentera hatimu, yang berada dalam kaca yang bening dan kaca yang bening itu bersinar terang bagaikan bintang… Dan berkilaulah bintang Ilahi dalam hatimu. Kilauan ini memancar dari awan makna yang tak berasal dari Timur maupun Barat, menyala dari pohon zaitun … Cahaya itu memantul dari pohon itu, sangat jernih dan terang seolah – olah memancarkan cahaya meski tak disentuh api (1). Ketika itulah lentera hikmah menyala terang. Bagaimana mungkin ia padam jika cahaya Allah menerangi seluruh relungnya ?

Hanya jika cahaya hakikat Ilahi menyinarinya, barulah langit malam menjadi terang disinari ribuan bintang… dan dengan bintang gemintang (kau akan) temukan jalanmu (2)… Bukan bintang – bintang itu yang menunjukimu, melainkan cahaya Ilahi. Sebab Allah telah … menghias langit dunia dengan bintang – bintang (3). Hanya jika lentera Ilahi dinyalakan dalam sanubarimu, segalanya akan datang serempak seketika atau sedikit demi sedikit. Sebagiannya telah kau ketahui, dan sebagiannya lagi akan di jelaskan kemudian. Baca, dengar dan pahamilah. Kehadiran Ilahi akan menyinari sisi gelap kebodohan. Kedamaian dan keindahan purnama akan terbit dari ufuk cahaya diatas cahaya (4), yang senantiasa terbit di langit, melintasi garis edar yang telah di takdirkan Allah(5) sehingga ia bersinar megah di pusat langit, dan memecah kegelapan lalai. ( Aku bersumpah) demi malam apabila ia menggelap (6) … demi cahaya pagi yang terang benderang (7) … malam kebodohan akan menyaksikan cerahnya siang. Kemudian kau akan mencium harumnya zikir dan bertobat di saat fajar (8), menyesali umur yang kau habiskan dalam tidur. Akan kau dengar nyanyian pagi :

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam

Dan menjelang fajar mereka memohon ampunan (9)

Allah memandu kepada cahaya-Nya siapa yang Dia inginkan (10)

Kemudian dari ufuk akal Ilahi akan kau lihat terbitnya matahari ilmu hakiki. Itulah matahari milikmu, sebab kau di bimbing Allah dan berada di jalan yang lurus, bukan jalan orang yang sesat (11). Kau akan memahami bahwa :

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tak mungkin mendahului siang. Masing – masing beredar pada garis edarnya (12)

Akhirnya, ikatan belenggu akan terlepas sesuai dengan perumpamaan yang Allah jadikan bagi umat manusia dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (13). Tabir akan terangkat, selubung akan tersingkapdan menampakan apa yang ada di dalamnya ; hakikat akan menunjukan wajahnya.

Semua ini berawal sejak kau membersihkan cermin hati. Cahaya hakikat ilahi akan menyinarinya jika kau menghendaki dan mau mencariNya, dariNya dan bersamaNya.

(1). An Nuur : 35 (2). An Nahl : 16 (3). Yassin : 36 (4). An Nuur : 35 (5) Yassin : 36 (6). Ad Dhuha : 2 (7). Ad Dhuha : 2 (8). Al Imraan : 17 (9). Ad Dzaariyat : 17  – 18 (10). An Nuur : 35 (11). Al A’raaf : 178  (12). Yasin : 40  (13). An Nuur : 35

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Mei 2008
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 181,686 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..