mengenang Gito Rollies

Obituari Putih Gito

 gito.jpg

Mama pernah bercerita tentang seorang rocker yang pernah mengguncang jagat permusikan Indonesia di tahun 80-an. Kata beliau, “Dia tak hanya terkenal, rocker…tp juga kepribadiannya terkenal ancur, kena narkoba, urakan…pokoknya bisa dibilang tukang bikin onar.” Kata mama ngejelasin gimana rusaknya masa muda rocker satu ini. “Tau gak, saking sableng-nya orang ini, dia pernah mengendarai motor keliling kota Bandung dengan telanjang…*&%#@”. Kata mama lagi melanjutkan. Wah, ternyata ada orang separah itu yaa. Pikirku.

“Tapi, itu dulu…” kata Mama.

“Sekarang dia udah jadi ustadz”

“Wuaa, hebat…” Kataku.

“Dia udah nemu cinta Allah…”

Kata Mama kembali melanjutkan. Aku makin tertarik dengan cerita mama.

Aku masih ingat. Percakapan ini terjadi beberapa tahun lalu. Saat aku masih SMA. Mama sedang mengajarkan aku tentang arti kehidupan yang penuh warna dan misteri. Dimana Tuhan adalah sumber segala perubahan, sumber segala kekuatan, sumber segala kejadian yang maha berkehendak.

“Kala Allah berkehendak, DIA mampu merubah segala yang tak mungkin menjadi mungkin.”

“Allah bahkan bisa merubah seseorang hanya dalam hitungan hari, jam, bahkan detik !”

Ujarnya lagi.

Cerita beberapa tahun lalu sampai hari ini masih teringat dengan jelas olehku. Cerita yang penuh inspirasi tentang perjalanan hidup manusia.

“Bayu, seperti apa perjalanan hidup yang kita lewati….kunci akhirnya adalah : Seperti apa akhir hidup kita nanti, seperti apa keadaan kita saat nafas berhembus tuk terakhir kali….”

Aku semakin terdiam dengan cerita mama. Dia melanjutkan kalimat demi kalimat yang membuat aku terdiam takjub.

“Hidup harus diakhiri dengan akhir yang indah, kamu tahu seperti apa akhir yang indah itu ?”

Aku hanya mendengar mama bicara. Tak menjawab.

“Akhir yang indah itu ada dalam kalimat : khusnul khatimah….”

Ah, inilah klimaks dari apa yang ingin mama sampaikan padaku. Kalimat yang selalu hadir dalam otak dan terpikir olehku.

“Khusnul khatimah itu adalah proses.Harus diperjuangkan dengan kesungguhan.”

Kalimat yang terakhir ini bikin aku merinding.

Cerita yang luar biasa.

Rocker yang dimaksud mama aku itu bernama Gito Rollies (Maaf, aku ngga tw nama aslinya).

Masa mudanya Gito terkenal sangat kelam. Tapi sejarah mencatat diakhir hidupnya Gito telah menjadi seorang juru dakwah. Hidayah dan kesungguhannya dalam bertaubat telah mengantarnya pada satu keadaan; dari yang tadinya pembuat dosa, menjadi seorang penyeru kebenaran.

Beberapa hari lalu, Allah telah memanggil Gito menuju rumah terindah.

AKu sendiri termasuk orang yang telat mendapat kabar kematian beliau. Maklum, jarang nonton infotainment…:)

Tapi, saat mendengar berita kematiannya. Yang aku ingat adalah cerita-obrolan-aku dengan mama beberapa tahun lalu.

Ah, sungguh orang yang beruntung.

Gito rollies adalah manusia yang hidup dalam kegelapan yang menemukan cahaya. Diakhir usianya, dia serahkan hidupnya hanya untuk Tuhan . Dakwah kepelosok negeri. Menyebar aura cinta pada illahi.

Sungguh aku iri pada Gito. Sekarang aku yang jadi bertanya-tanya. Pertanyaan yang berkali-kali hinggap beberapa hari ini. Pertanyaan ini, terus berputar-putar di kepalaku.

Rabb, seperti apa keadaan aku mati nanti ?

Sedang menyebut namaMU kah ?

Sedang menyeru di JalanMu kah ?

Atau sebaliknya ?!?

hmm…

Pertanyaanku ini, apa sama dengan pertanyaanmu?

Iklan

1 Komentar

  1. Dari Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam memegang pundakku dan bersabda, “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau penyeberang jalan.” Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata, “Jika kamu berada di sore hari, jangan menunggu pagi hari, dan jika engkau di pagi hari janganlah menunggu sore, manfaatkanlah masa sehat. Sebelum datang masa sakitmu dan saat hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Bukhari)..Yuk Mulai Mempersiapkan diri..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Maret 2008
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,960 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..