7 Orang yang ternaungi …

TUJUH ORANG YANG TERNAUNGI
Al Hadits dari Abu Hurairah

 

Ada tujuh golongan yang di beri naungan oleh ALLAH. Tatkala itu tiada naungan
kecuali naungan-NYA. Mereka  adalah :
Pemimpin yang berlaku adil.
Pemuda yang giat beribadah.
Seorang yang hatinya tertaut kepada masjid.
Dua orang yang bercinta karena ALLAH.
Hamba yang ingat pada ALLAH ketika sendiri, lalu ia
meneteskan airmata karena-NYA.
Seorang yang bersedekah diam – diam hingga tangan kirinya
tak tau sedekah yang di lakukan tangan kanannya.
Seorang pria yang dirayu wanita cantik ‘tuk berzina, lalu
ia berkata, ” Saya takut pada ALLAH.”


Pada hari akhir kelak, di Padang Mahsyar umat manusia akan di kumpulkan dalam satu area. Seluruh manusia dari jaman Nabi Adam hingga dunia kiamat. Pada hari itu udara sangat panas. Ada yang menggambarkan di Padang Mahsyar matahari sangat dekat sehingga sangat panas dan gerah. Seperti kita di jemur waktu upacara bendera, bukan di pagi hari tapi siang hari dan udara saat itu sangat panas. Disana kelak lebih dari itu. Di saat semua orang kepanasan ada awan berarak yang menaungi beberapa golongan . Dengan awan tersebut orang yang di naungi tersebut menjadi sejuk, sementara yang lain kepanasan.
Yang pertama adalah PEMIMPIN YANG ADIL. Mengapa pemimpin yang adil masuk dalam naungan ? Bukankah banyak pemimpin yang menindas rakyat, zalim dan korup ? Bahkan pameo yang terkenal adalah “power tends to corrupt, absolute power corrupt absolutely.” Kekuasaan yang besar berpotensi melakukan korupsi yang besar pula. Pemimpin yang baik dan adil itu memang sangat sedikit. Dan yang sedikit itu karena kekhususannya akan di berikan ganjaran yang setimpal dengan keadilannya, yaitu naungan awan nan sejuk di saat yang lain kepanasan.

Kedua, SEORANG PEMUDA YANG GIAT BERIBADAH. Golongan kaum ini juga sangat eksklusif. Sebab di saat banyak pemuda lain memanfaatkan waktu untuk hal – hal yang tidak berguna dan cuma untuk kesenangan sesaat, dia justru tekun beribadah. Pemuda seperti ini memang berbeda. Meskipun usianya masih muda, ia tidak pernah berfikir bahwa hidupnya masih lama. Tidak pernah bersemboyan ” Muda foya – foya, tua kaya raya, mati masuk syurga.” Pemuda calon penghuni syurga akan berpedoman pada hadits Nabi saw : “Berusahalah seakan – akan engkau akan hidup seribu tahun lagi, beribadahlah seakan – akan engkau akan mati besok.” Maka sangat pantas bila pemuda seperti ini mendapat naungan awan disaat yang lain kepanasan. Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa kedudukan pemuda yang rajin beribadah seperti ini di mata ALLAH kedudukannya lebih mulia dari malaikat.

Ketiga, SESEORANG YANG HATINYA TERTAUT KEPADA MASJID. Hal yang paling di sukai adalah menunggu datangnya waktu sholat. Datang ke masjid sebelum adzan, melakukan sholat tahiyatul masjid dan berdzikir menunggu adzan. Kehadirannya dalam sholat berjamaah di masjid selalu di awal, tidak pernah ketinggalan atau masbuk. Senang menghabiskan waktu senggangnya di masjid dengan membaca buku, Qur’an ataupun berdiskusi masalah keagamaan. Beriktikaf di masjid, dan senang memakmurkan masjid.

Keempat, DUA ORANG YANG SALING MENCINTAI KARENA ALLAH. Seseorang yang mencintai atau menyukai seorang lainnya karena ketaatannya pada ALLAH. Cintanya karena ALLAH mengalahkan segala perbedaan yang secara duniawi mungkin menyolok. Seperti latar belakang kehidupan, status sosial, pendidikan ataupun status ekonomi. Mereka melupakan itu semua karena ALLAH. Cinta nya bukan karena sekedar nafsu tapi keinginan untuk sama – sama mendapatkan ridha ALLAH. Orang – orang seperti ini akan mendapatkan keuntungan ganda. Pertama mereka akan mendapatkan kelezatan dari cinta sejati. Kenikmatan yang tidak di dapat bagi mereka yang sekedar bercinta karena nafsu. Kedua di akhirat mereka mendapat naungan dari ALLAH.

Kelima, ORANG YANG DALAM KESENDIRIANNYA INGAT PADA ALLAH. Lalu tanpa terasa meneteskan air mata karena mengingat-NYA. Sungguh suatu hal yang sangat sederhana namun dapat memasukan dirinya kedalam golongan orang – orang yang diberi naungan dan perlindungan dari ALLAH di akhirat kelak. Menitikan air mata karena sesuatu memang nampak sederhana. Namun, prosesnya tentu tidak sesederhana itu. Dibutuhkan keimanan dan amal shaleh tertentu untuk dapat merasakan kerinduan dan kesenduan dengan TUHANnya. Orang – orang seperti ini selalu melakukan taubatan nasuha. Ia selalu meneteskan air mata setiap mengingat dosa. Kesedihan serta kerinduan kepada ALLAH di renunginya dalam kesendiriannya. Senang bertakafur dan sangat merindukan perjumpaan dengan TUHANnya.

Keenam, ORANG YANG SANGAT IKHLAS DALAM BERSEDEKAH. Keikhlasan itu di gambarkan dengan menyembunyikan sedekahnya sehingga tidak ada satupun yang tau. Bahkan di ibaratkan, jangankan orang lain tau, tangan kirinya pun tidak tau kalau tangan kanannya melakukan sedekah. Orang ikhlas seperti ini jauh dari sifat riya’. Karena keihklasannya itulah ALLAH memberinya hadiah naungan di akhirat nanti.

Terakhir adalah SEORANG PRIA YANG DIRAYU OLEH SEORANG WANITA UNTUK BERZINA, NAMUN MENOLAK KARENA TAKUT PADA ALLAH. Fenomena seperti ini jarang terjadi. Sebab secara kodrati laki – laki justru di berikan hasrat tinggi untuk memulai melakukan perbuatan zina. Disinilah beratnya menahan hawa nafsu. Pria yang mampu menahan hawa nafsunya karena takut pada ALLAH tidak saja mendapat pahala namun juga mendapat naungan di akhirat kelak. Sebab ia mampu meninggalkan sesuatu yang haram dengan penuh keyakinan. Maksudnya ia meninggalkan perbuatan itu karena ALLAH sekalipun ia mampu melakukannya. Untuk itulah ia mendapatkan ganjaran luar biasa dari ALLAH.

Dikutip dari buku :
HIKMAH DARI LANGIT,
Refleksi Kebijaksanaan Sehari – hari.
—-Ust. Yusuf Mansur—-

Semoga kita mampu menempa diri, berikhtiar agar menjadi
salah satu dari orang – orang yang mendapat naungan kelak di
akhirat. (Amiiien)

Iklan

1 Komentar

  1. kasih dalil aqli and naqlinya sekalian donk!!!!!!!!!

    alna ne perlu bgt!!!!!!!!!!!

    thanks y infonya!!!!!!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Februari 2008
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    2526272829  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,960 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..