Antibiotik

idi_logo2.gif

Tentang Antibiotik

Taukah Anda bahwa Antibiotik sebaiknya di minum pada saat perut dalam keadaan kosong. Lebih efektif bila di konsumsi setengah jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Tujuannya agar obat dapat di serap dari saluran cerna dengan baik sehingga di peroleh kadar yang optimal dalam darah.

Antibiotik, terutama derivate (turunan) tetrasiklin, sebaiknya tidak di minum bersama susu, atau obat maag. Karena di dalam ketiganya terdapat unsur – unsur logam yang dapat berkaitan dengan antibiotic, sehingga mempersulit pencernaan.

Tak Cuma di harus di minum selama jangka waktu tertentu, tapi sebaiknya antibiotic di minum dalam selang waktu yang teratur dan tetap. Misalnya bila harus di minum 3 kali sehari, itu artinya di minum dengan selang waktu kurang lebih 8 jam sekali. Bukan hanya sekedar pagi, siang dan sore dengan selang waktu berbeda – beda. Agar mendapatkan kadar obat dalam darah yang lebih stabil dan optimal.

Penderita penyakit hati dan ginjal harus lebih berhati – hati menggunakan antibiotic dan obat – obatan lain. Karena pada umumnya antibiotic “di cerna “ di hati dan “di buang” melalui ginjal, sehingga dapat memperberat fungsi ginjal dan hati yang sudah mulai menurun. Gangguan fungsi kedua organ tersebut juga akan menyebabkan penimbunan dan peninggalan kadar antibiotic di dalam darah, sehingga makin memperbesar resiko timbulnya akibat sampingan . Dalam hal ini dosis antibiotic harus di kurangi.

Pada kasus tertentu misalnya demam tifoid, penyakit infeksi yang disebabkan oleh salmonella, antibiotic harus terus diminum sampai beberapa hari setelah gejala penyakit itu hilang. Maksudnya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya karier (kuman yang masih menetap di dalam tubuh, tanpa menimbulkan gejala sakit) yang dapat memicu kekambuhan atau bahkan penularan.

Seperti obat – obat lainnya, antibiotic juga dapat menimbulkan efek samping. Jika efek sampingnya hanya ringan dan dapat di toleransi oleh tubuh seperti mual saja, obat ini tetap boleh di minum. Namun bila sampai menimbulkan efek samping yang lebih berat segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter yang memberikan resep tersebut.

Berdasarkan sifat kerjanya terhadap bakteri, antibiotic terbagi menjadi 2 golongan. Yaitu yang bersifat bakterisida ( yang dapat membunuh bakteri) dan yang bersifat bakteriostatik (menghambat pertumbuhna bakteri). Yang termasuk golongan pertama adalah derivate penisilin. Sedangkan yang termasuk golongan kedua yaitu derivate tetrasiklin, kloramfenikol, eritromisin, dan sulfonamide.

Kombinasi diantara sesame antibiotic bakterisida atau diantara sesama antibiotic bakteriostatik , secara klinis tidak merugikan. Tetapi belum tentu juga lebih menguntungkan di bandingkan dengan preparat tunggal. Namun gabungan antara keduanya kadang dapat merugikan. Contohnya kombinasi antara derivate tetrasiklin dan penisilin. Tetrasiklin, yang menghambat pertumbuhan bakteri akan mengurangi kegunaan penisilin. Karena penisilin justru bekerja aktif terhadap bakteri yang sedang tumbuh cepat. Walaupun demikian, ada juga kombinasi keduanya yang ternyata menguntungkan secara empiris.

Yang perlu diingat, pemakaian antibiotic memang tidak boleh sembarangan, tetapi antibiotic bukanlah obat yang harus di takuti atau di hindari. Pemakaian yang terlambat justru akan memperberat suatu penyakit, bahkan dapat berakibat fatal. Oleh karena itu gunakanlah antibiotic secara cermat dan tepat.

Iklan

1 Komentar

  1. tengs yhaa!!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Januari 2008
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 180,960 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..