Name of ALLAH

Nama Tuhan Dalam YAHUDI, KRISTEN, dan ISLAM

name-of-allah.jpg

Bangsa yang paling dekat asal-usulnya dengan bangsa Arab adalah bangsa Yahudi. Boleh dibilang, bangsa Arab dan Yahudi adalah bersaudara. Bapak Moyang Bangsa Yahudi dan Arab adalah Nabi Ibrahim (Abraham). Bangsa Yahudi berasal dari garis keturunan Ishak. Nabi Ibrahim dengan Siti Sarah (istri pertama) melahirkan Ishak. Dan Bangsa Arab berasal dari garis keturunan Ismael. Nabi Ibrahim dengan Siti Hajar (istri ke-2) melahirkan Ismael. Kita tahu bahwa Musa (Moses) dan Yesus (Isa) adalah orang Yahudi, nabi bagi bangsa Yahudi. Sehingga Kitabnya pun harus berbahasa Yahudi. Kitab Taurat yang diperuntukkan bagi Musa (Moses) adalah berbahasa Yahudi. Kitab Injil baik Perjanjian Lama atau Baru seharusnya juga Berbahasa Yahudi. Tapi yang ada setelah Yesus (Isa ) meninggal adalah Kitab Perjanjian Lama berbahasa Yahudi dan Perjanjian Baru berbahasa Yunani (Seharusnya Yahudi). Mengapa Seharusnya Yahudi?. Karena Yesus (Isa) adalah orang Yahudi, dan ketika menyebarkan ajaran Injil kepada bangsa Yahudi tentunya juga memakai bahasa Yahudi, bukan Yunani. Tidak mungkin Yesus berbicara dengan umatnya (Kaum Yahudi) dengan Bahasa Yunani (tidak masuk akal)

Umat Kristen sering mencari-cari kesalahan asal kata Allah. Mereka mengatakan bahwa kata Allah berasal dari Dewa Kuno orang Arab, Dewa Air, atau Dewa Bulan Bintang dll. Tidakkah mereka tahu bahwa kata Allah ada dalam ajaran Mereka.

INGAT!!!. Yesus (Isa) adalah orang Yahudi dan tentunya menyebarkan ajarannya kepada umat Yahudi dengan bahasa Yahudi, bukan Yunani.

Nama Tuhan dalam Yahudi, Kristen, dan Islam

1. Dalam Yahudi

Nama Tuhan dalam bahasa (agama) Yahudi adalah ELLOHIM. Dari kata ELLOH dan IM. Kata IM ditujukan untuk penghormatan. Kata ELLOH bukankah mirip dengan kata ALLAH/ALLOH dalam Islam. Tetapi sayang umat Yahudi mempersekutukan ELLOH dengan Anak Sapi Emas. Bahkan mereka lebih memuja Anak Sapi Emas daripada ELLOH.

2. Dalam Kristen

Umat Kristen sering mengucapkan HALLELUYA. Kata tersebut bila dijabarkan sebenarnya berasal dari ALLAH-LUYA, YA ALLAH LU (Ya Tuhan-ku). Juga ketika Yesus saat disalib berkata ELLAY-ELLAY lama sabakhtani, kata ELLAY mengacu pada kata ELLOH/ALLAH. Bukan kedengaran seperti YEHOWA-YEHOWA. Sayang umat Kristen mempersekutukan TUHAN BAPA (ALLAH) dengan TUHAN ANAK (YESUS) dan ROH KUDUS (Malaikat). Jadi Tuhan itu bukan TUHAN ANAK (YESUS), tetapi Tuhan itu TUHAN BAPA (ALLAH) saja.

3. Dalam Islam

Sudah jelas bahwa umat Islam memanggil Tuhannya dengan kata ALLAH/ALLOH

Dari : Ahmed Deedat

Iklan

5 Komentar

  1. bagus

  2. ב”ה

    Shalom Alechem.

    Penjelasan anda cukup menarik tapi kalau boleh saya ralat sedikit, bahwa dalam agama yahudi nama Tuhan adalah יהוה “YHWH” dibaca “Adonai” (TuhanKu) atau dalam penggunaan sehari2 yaitu “Ha-Shem” (Sang Nama). Elohim bukan nama melainkan gelar dalam bentuk jamak, tunggalnya eloi / elohi / eli (my G-d), nah itu yg diucapkan oleh yesus waktu disalib “eli, eli lama sabakhtani” (my G-d, my G-d why You forsaken me), sedangkan asal kata “HalleluYah” berasal dari bahasa ibrani “Hallelu – Yah” (Hallelu = Pujilah dari asal kata Hallel) dan “Yah” singkatan dari Nama Sakral Tuhan yaitu יהוה (YHWH).

    Rabbi Yaakov Baruch
    Indonesian Jewish Community

  3. Alhamdulillah saya telah diberi penerangan, mudah2an ridho Allah slalu menyertaimu.

  4. Sama2 bro. G-d bless

  5. dan sesungguhnya Dia adalah satu…..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • My Archives

  • Categories …

  • Tulisan Terakhir

  • Fave Category

  • My Journey

    Desember 2007
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Rindu ini … UntukMu …

    " Ya ALLAH, perbaikilah agamaku yang merupakan pegangan utama bagiku. dan perbaikilah duniaku yang merupakan bekal hidupku... perbaiki juga akhirat tempat kembaliku nanti, Jadikanlah hidup yang ku lalui sebagai tambahan kebaikan yang dapat kuraih, dan jadikanlah kematianku sebagai tempat istirahatku dari segala kejahatan dan keburukan diriku Amiiin
  • Blog Stats

    • 181,267 hits
  • Hadiah Terindah ….

    Allah memberikan Hadiah yg sangat indah untuk kita itu dalam kemasan yg rumit.. dari situ Allah menguji kesabaran dan melihat bagaimana cara kita membuka hadiah terindah yg terbungkus oleh kemasan yg rumit itu.. sampai kita berhasil dan hingga akhirnya kita berteriak kegirangan krn berhasil mendapatkan hadiah yg indah tiada taranya itu..